Benarkah Bau Ketiak Disebabkan Oleh Bakteri?

Benarkah Bau Ketiak Disebabkan Oleh Bakteri?

Bau Ketiak Disebabkan oleh Bakteri? [Telp: 081366657878]. Bau ketiak disebabkan oleh bakteri yang memakan keringat yang keluar dari tubuh kita. Banyak yang mengira bahwa bau ketiak berasal dari keringat. Memang benar keringat memiliki andil dalam hal ini, namun pada dasarnya, keringat ini tidaklah berbau. Lalu darimana bau ketiak berasal, dan apa saja pemicunya? Masalah bau ketiak disebabkan oleh bakteri memang cukup mengganggu aktivitas, terutama aktivitas yang menuntut kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Kepercayaan menjadi menurun akibat masalah bau ketiak yang dialami. Bertemu dengan klien atau teman kerja akan menjadi hal yang tidak menyenangkan ketika kita memiliki masalah bau ketiak. Akan lebih memalukan lagi jika kita bau ketiak saat berada di dalam acara penting. Untuk itu, masalah bau ketiak perlu segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas kita.

Apakah Hubungan Berkeringat dengan Bau Ketiak?

Berkeringat merupakan hal yang umum kita alami. Keringat dikeluarkan oleh kelenjar keringat yang tersebar di berbagai bagian tubuh kita. Kelenjar keringat pada tubuh kita terbagi menjadi dua yaitu kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar keringat akrin merupakan kelenjar keringat yang tersebar di seluruh tubuh dan mengeluarkan keringat dengan kandungan yang ringan. Sedangkan kelenjar keringat apokrin adalah kelenjar keringat yang terdapat di berbagai bagian tubuh yang memiliki folikel rambut. Kelenjar keringat ini terdapat di kepala, ketiak, maupun selangkangan. Keringat yang dikeluarkan dari kelenjar keringat apokrin ini kandungannya cukup berat sehingga dapat menyebabkan bau. Apalagi jika keringat ini dimakan oleh bakteri, maka bau yang disebabkan akan lebih menyengat. Hal inilah yang menyebabkan ketiak, kepala, dan selangkangan lebih mudah bau saat berkeringat. Dari penjelasan diatas, kita tahu bahwa bau ketiak disebabkan oleh bakteri yang memakan keringat. Ketiak juga lebih mudah mengeluarkan keringat dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Namun, bau ketiak tidak hanya disebabkan oleh keringat dan bakteri saja. Bau ketiak juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu yang sedang diderita. Jadi, untuk mengatasi bau ketiak disebabkan oleh bakteri maupun penyakit membutuhkan penanganan yang berbeda. Mengetahui penyebabnya terlebih dahulu merupakan hal yang perlu jika ingin mengatasi bau ketiak disebabkan oleh dampaknya yang mengganggu.

Faktor Pemicu Bau Ketiak Muncul

Bau ketiak disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat, namun ada beberapa pemicu yang dapat menyebabkan bau ketiak muncul. • Kurang menjaga kebersihan tubuh Kebersihan tubuh merupakan salah satu kunci untuk mengatasi bau ketiak. Jika kulit kita bersih dan bebas dari bakteri jahat, maka berkeringat tidak akan menyebabkan bau ketiak. Terutama kebersihan ketiak yang paling sering berkeringat. Mandi teratur merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah bau ketiak. • Menderita penyakit tertentu Ketika sedang sakit, keringat kita akan berbau tidak sedap. Selain itu, orang yang sedang sakit cenderung berkeringat lebih banyak. Fungsi organ tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal akibat penyakit yang Anda derita, termasuk proses metabolisme tubuh sehingga menyebabkan bahan makan tidak dapat dicerna dengan benar. Bau ketiak disebabkan oleh penyakit diabetes, hyperhidrosis, leukemia, serta hipertiroidisme. • Toksin Ada kalanya racun dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan melalui aktivitas buang air kecil maupun BAB, namun justru lewat keringat. ketika keringat kita mengandung toksin, maka saat kita berkeringat kita akan mengalami bau ketiak disebabkan oleh toksin. Toksin ini dapat berasal dari berbagai hal, bisa dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, udara, maupun lingkungan di sekitar kita. • Makanan Kandungan makanan dan minuman yang kita konsumsi haruslah kita perhatikan. Makanan yang mengandung kafein maupun makanan cepat saji merupakan makanan yang harus kita kurangi konsumsinya. Boleh saja mengonsumsi makanan ini, namun perhatikan kadarnya. Jika Anda ingin mengatasi masalah bau ketiak disebabkan oleh makanan, maka perhatikan pola makan sehari-hari Anda. Jangan terlalu banyak mengonsumsi bawang putih, bawang merah, serta makanan dengan gizi yang tidak seimbang. Konsumsi makanan yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, maupun lauk dengan nutrisi yang seimbang. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung serat juga tidak baik bagi kesehatan tubuh dan berpengaruh terhadap keringat yang keluar dari tubuh. Itu dia beberapa pemicu dari masalah bau ketiak disebabkan oleh bakteri dan keringat. Orang yang mengalami masalah berkeringat berlebih juga dapat berisiko mengalami bau ketiak. Sebenarnya hampir setiap orang memiliki masalh bau ketiak, hanya saja tidak semuanya mengalami bau ketiak yang menyengat. Banyak yang hanya mengalami ketika basah dan lengket akibat berkeringat. Selain menjaga kebersihan tubuh, Anda juga sebaiknya menjaga kebersihan pakaian dengan sering berganti pakaian. Apalagi setelah Anda melakukan aktivitas yang menyebabkan tubuh berkeringat. Gunakan pakaian yang nyaman untuk mencegah Anda lebih mudah berkeringat.

Langkah Mengatasi Bau Ketiak

Bau ketiak tentu saja dapat diatasi, dan berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi bau ketiak. • Mandi secara teratur Langkah yang pertama adalah dengan mandi secara teratur. Minimal sehari sekali mandi dilakukan, karena bahkan tidur saja merupakan hal yang dapat membuat kita berkeringat. Meskipun Anda hanya melakukan hal ringan yang tidak menyebabkan berkeringat, namun bau badan masih bisa terjadi. • Menggunakan pakaian yang nyaman dan rajin mencucinya Hindari menggunakan satu pakaian hingga 3 hari tanpa dicuci. Hal ini dapat menyebabkan tubuh bau ketiak meskipun Anda baru mandi. Menggunakan pakaian yang nyaman juga mencegah tubuh berkeringat dengan mudah. Pakaian dengan kain yang menyerap keringat akan membantu tubuh kita tetap kering dan tidak mudah terkena infeksi jika berkeringat. • Mengeringkan badan dengan benar Tubuh yang lembab merupakan hal yang paling disukai oleh bakteri sehingga dapat berkembang biak dengan mudah. Tidak mengeringkan tubuh dengan benar setelah mandi merupakan hal yang dapat memicu bakteri di kulit berkembang. Jika bakteri di kulit menjadi semakin banyak, maka risiko terjadinya bau ketiak semakin besar ketika berkeringat.

Jika setelah melakukan cara diatas, Anda masih mengalami bau ketiak, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jika bau ketiak disebabkan oleh penyakit tertentu, maka perlu dilakukan pengobatan agar tidak menyebabkan masalah bau ketiak. Selain dengan melakukan cara alami untuk mengatasi bau ketiak, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan cara medis jika diperlukan. Konsultasi dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Untuk mendeteksi penyebab masalah bau ketiak, Anda dapat menjalani beberapa pemeriksaan mulai dari pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan lanjutan. Adanya gangguan kesehatan tubuh sangat berisiko menyebabkan masalah bau ketiak. Klinik kami dilengkapi dengan alat medis yang canggih untuk mengatasi berbagai masalah terkait alat kelamin serta masalah lain seperti bau ketiak maupun bau selangkangan. Jika ingin berkonsultasi dengan dokter kami, atau reservasi pemeriksaan di klinik kami, hubungi saja di nomor 081366657878.

Original post: https://klinikutamasentosa.id/bau-ketiak/benarkah-bau-ketiak-disebabkan-oleh-bakteri/

Klinik Sentosa: https://klinikutamasentosa.id/

Kunjungi: https://klinikutamasentosa.id/bau-ketiak/